Daftar Blog Saya

Rabu, 31 Juli 2013

 TAHAP-TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA
  1. Tahap Bayi
bayi
Bayi sangat membutuhkan air susu ibu (ASI). Sebaiknya ASI diberikan pada bayi selama dua belas bulan sejak kelahiran. Hal ini karena bayi membutuhkan ASI selama tahun pertama kehidupannya. Pada usia balita terjadi pertumbuhan sel-sel otak, sehingga diperlukan makanan yang bergizi.
Seiring dengan bertambahnya usia, bayi akan belajar duduk, merangkak, berdiri dan berjalan. Otak tumbuh membesar dan bayi mulai berbicara.Umumnya bayi mulai berjalan dan berbicara sekitar usia satu tahun. Pada usia tiga tahun, anak-anak mulai berbicara kalimat pendek. Menjelang usia sepuluh tahun anak-anak mulai mencari teman, mereka juga sudah tahu bagaimana berbagi, melakukan tugas mereka dan bekerjasama.
2. Tahap Anak
anak
Periode awal perkembangan anak dimulai saat anak menginjak usia dua – enam tahun, atau lebih sering disebut masa prasekolah. Pada masa perkembangan ini, umumnya anak akan terlihat lebih aktif sehingga sering kali ditafsirkan anak berkelakuan bandel atau nakal oleh orang dewasa. Sikap ‘bandel ‘ atau ‘nakal’ anak sebenarnya disebabkan oleh meningkatnya rasa keingintahuan anak sebagai akibat dari perkembangan otak dalam mengamati lingkungan sekitar. Sehingga sering kali anak menuntut kebebasan untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya.
3. Tahap Remaja(Pubertas)
sma
Pertumbuhan dan perkembangan manusia menjadi dewasa melalui satu tahap yang disebut masa pubertas. suatu periode dalam mana anak dipersiapkan untuk mampu menjadi individu yang dapat melaksanakan tugas biologis berupa melanjutkan keturunannya atau berkembang biak.
Perubahan-perubahan biologis berupa mulai bekerjanya organ-organ reproduktif dan disertai pula oleh perubahan-perubahan yang bersifat psikologis.
4. Tahap Dewasa
L vis Priss 2
Sebagai seorang individu yang sudah tergolong dewasa, peran dan tanggung jawabnya tentu makin bertambah besar
Penampilan fisiknya benar-benar matang sehingga siap melakukan tugas-tugas seperti orang dewasa lainnya, misalnya bekerja, menikah, dan mempunyai anak. la dapat bertindak secara bertanggung jawab untuk dirinya ataupun orang lain (termasuk keluarganya).
5. Tahap Usia Lanjut
kakeknenek
Pada tingkat kedewasaan menengah (40-65 th) manusia mencapai puncak periode usia yang paling produktif . Lanjut usia merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan.
Dari gambar di atas tampak perbedaan dari setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa. Kebutuhan manusia di setiap tahap perkembangan juga berbeda. Misalnya, pada saat kalian bayi, belum bisa makan makanan yang keras karena belum tumbuh gigi. Sehingga hanya makanan yang lunak dan agak cair yang dapat masuk ke dalam tubuh. Namun, ketika kalian menginjak masa anak-anak, makanan yang dapat dimakan sudah mulai bertambah. Begitu seterusnya hingga nanti kalian dewasa dan lanjut usia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar